SILABUS DESAIN GRAFIS KELAS X
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
DESAIN GRAFIS SMK/MAK
DESAIN GRAFIS SMK/MAK
KELAS SEPULUH (x)
Jumlah Jam Pelajaran : 72 JP ( 3 JP x 36 Minggu Efektif)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
penga wasan langsung
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami unsur-unsur tata letak
berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
|
4.1.
Membuat unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna,
gelap-terang, tekstur, dan ruang
|
3.2 Mengidentifikasi fungsi, dan
unsur warna CMYK dan RGB
|
4.2.
Menyajikan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB.
|
3.3 Memahami prinsip-prinsip tata
letak, antara lain : proporsi, irama (rythm),
keseimbangan, kontras, kesatuan (unity),
dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
|
4.3.
Menyajikan hasil penerapan prinsip-prinsip tata letak, antara lain :
proporsi, irama (rythm),
keseimbangan, kontras, kesatuan (unity),
dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
|
3.4 Memahami berbagai format gambar
|
4.4.
Menyajikan berbagi format gambar
|
3.5 Memahami proses scan gambar/
ilustrasi/teks dalam desain
|
4.5.
Melakukan proses scan gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam
desain
|
3.6 Memahami perangkat lunak pengolah gambar vektor
|
4.6.
Menggunakan perangkat lunak
pengolah gambar vektor
|
3.7 Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan
fitur efek
|
4.7.
Mempraktekan manipulasi gambar
vektor dengan menggunakan fitur efek
|
3.8 Memahami pembuatan desain
berbasis gambar vektor
|
4.8.
Membuat desain berbasis gambar vektor
|
3.9 Memahami perangkat lunak pengolah
gambar bitmap (raster)
|
4.9.
Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
|
3.10 Menerapkan manipulasi gambar raster dengan menggunakan
fitur efek
|
4.10. Mempraktekan manipulasi gambar
raster dengan menggunakan fitur efek
|
3.11 Memahami pembuatan desain berbasis
gambar bitmap (raster)
|
4.11. Membuat desain berbasis gambar
bitmap (raster)
|
3.12 Memahami penggabungan gambar
vektor dan bitmap (raster)
|
4.12. Membuat desain penggabungan
gambar vektor dan bitmap (raster)
|
Comments
Post a Comment